oleh

Mendulang Enam Manfaat Bersedekah

Oleh:Mira Angraeni

Sedekah pada hakikatnya harus dilakukan dengan ikhlas tanpa paksaan. Lebih dari itu, sedekah juga mesti dilakukan semata untuk mengharap ridho Allah tidak untuk mencari pujian dari sesama manusia.

Orang yang ahli bersedekah sangat dimuliakan Allah SWT dan akan mendapat balasan dari perbuatan terpujinya itu. Berikut, merupakan keutamaan-keutamaan bagi orang yang ahli bersedekah:

1. Mendapat lindungan di hari akhir.

Dalam salah satu hadis disebutkan bahwa ada tujuh pihak yang diberi naungan oleh Allah, di mana pada hari itu tidak ada naungan kecuali naungan-Nya. Salah satunya adalah seperti sabda Rasulullah SAW berikut ini.

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya” (HR. Bukhari no. 1421).

2. Mendapat keberkahan dari hartanya.

Rasulullah SAW bersabda, “Harta tidak akan berkurang karena sedekah. Dan seorang hamba yang memiliki sifat pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya” (HR. Muslim, no. 2588).

3. Dosanya akan dihapuskan.

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api” (HR. Tirmidzi yang disahihkan Al-Albani dalam Sahih At-Tirmidzi, 614).

4. Dilipatgandakan pahalanya.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Hadid ayat 18 yang artinya, Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang banyak” (Qs. Al Hadid: 18).

5. Dibebaskan dari siksa kubur.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur” (HR. Thabrani, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Targhib, 873).

6. Dipanjangkan umurnya.

Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Thabrani, Nabi Muhammad SAW bersabda, Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat memanjangkan umurnya, dapat mencegah kematian yang tidak baik (su’ul khotimah). Allah SWT akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri“. (HR. Thabrani).

Itulah beberapa janji Allah pada amalan ringan bernama sedekah. Semoga kita bisa istiqomah mengamalkannya._
Jazakallahu Khairan kastir😊🙏

*Yayasan Insan Amanah Barokah-INABA*
Alamat : Jl. Gas Alam No. 38 RT 003 RW 013, Desa Gunung Putri, Kec. Gunung Putri, Kab.Bogor, 16961, Jawa Barat

*#Santunan Rutin Jum’at Barokah*
*#Berbagi Sembako Untuk Dhuafa*
*#Wakaf Al-Quran*
*#Berbagi Alat Sholat*
*#Jemput Donasi Untuk Wilayah Bogor*

News Feed